ARTIKEL
Makanan Ibu Hamil Muda? » Makanan Ibu Hamil Muda?

Perasaan bahagia dan ceria pasti tampak pada seorang ibu yang hamil untuk pertama kali, namun kita harus mempersiapkan berbagai jenis makanan ibu hamil muda. Sebenarnya ada beberapa pantangan yang harus diketahui oleh para ibu yang hamil, misalnya seperti menghindari makanan yang pedas, daun pepaya, ataupun jenis makanan lain yang dapat membuat sakit perut. Karena bila sang ibu sakit maka kandungan di dalam rahim juga beresiko terkena dampaknya.

Sebagian besar ibu pertama hamil merasakan rasa tidak enak pada perut ataupun perut terasa mual. Sehingga beberapa ibu tidak doyan makan untuk sekian waktu, namun bila ini dibiarkan juga tidak baik untuk kesehatan janin dan sang ibu. Di situasi ini sebaiknya para ibu mencari makanan yang dapat dimakan tanpa dimuntahkan kembali, sebab ibu dan janin memerlukan energi dan gizi agar tetap sehat selama masa kehamilan.
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini beberapa makanan ibu hamil muda yang mudah untuk didapatkan antara lain:

1. Makanan Berkarbohidrat Tinggi
Karbohidrat merupakan salah satu gizi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Makanan berkarbohidrat tinggi berguna untuk mengisi keperluan kalori ibu hamil dan sang bayi dalam kandungan. Karbohidrat dalam kadar tinggi dapat ditemui di dalam nasi, jagung, kentang, sereal, dan roti.

2. Makanan Mengandung Protein
Menurut ilmu kesehatan bahwa protein berguna untuk membentuk jaringan sel baru dalam tubuh, dan juga berfungsi untuk regenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh. Begitu pula dengan sang janin dalam kandungan ibu, dia sangat memerlukan protein dengan jumlah yang cukup. Protein dalam jumlah besar dapat kita dapatkan pada menu makanan yang berbahan dasar daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Makanan Mengandung Asam Folat
Asam folat sangat penting bagi pertumbuhan janin sejak awal kehamilan. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi akan mengalami gangguan pada tulang belakang, lahir prematur, dan berkemungkinan otak mengalami kekurangan. Oleh karena perbanyaklah konsumsi makanan berasam folat seperti pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah, ataupun gandum.

4. Makanan yang Berkalsium, Bervitamin Serta Zat Besi
Ketiga jenis makanan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan organ janin. Pembentukan tulang janin memerlukan konsumsi kalsium yang cukup setiap harinya.

Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil muda di atas harus dipenuhi dengan baik selama masa kehamilan hingga melahirkan. Selain itu ibu hamil juga perlu untuk mengatur pola makan setiap harinya.

Buatlah jadwal makan sehari 5 kali untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalori bagi tubuh ibu dan janin. 3 kali makan dengan porsi biasa serta 2 kali makan selingan, usahakan setiap kali makan memenuhi kriteria makanan ibu hamil muda yang sehat di atas.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari melahirkan di dalam air ini. Untuk si ibu, proses persalinan ini akan membuat tingkat stres dan ketakutan berkurang; merilekskan otot-otot tubuh; membuat proses pergerakan yang mudah; serta mengurangi rasa sakit. Adapun untu bayi, manfaat yang bisa diperoleh adalah rasa nyaman. Dan ini membuat bayi terangsang untu ke luar rahim dengan mudah. Pada prinsipnya, air hangat yang ada di sekeliling si ibu akan membuat si bayi secara psikologis nyaman. Hal ini karena suasananya menyerupai keadaan dia di dalam rahim. Ya, rahim yang berisi air ketuban yang hangat membuat si bayi merasa nyaman.

JUDUL TERKAIT